• Senin, 5 Desember 2022

Puluhan Jam Padam : Listrik di Morowali Utara 'Tidak Jago,' Komunikasi Lumpuh

- Minggu, 25 September 2022 | 13:03 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

METRO SULTENG – Aliran listrik di Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah, diibaratkan seperti penyakit kronis yang sulit untuk disembuhkan, sebab penyakit pemadaman aliran listrik secara mendadak ini sudah hampir dua tahun terakhir ini terjadi, kadang dalam sehari tiga hingga 4 kali terjadi pemadaman listrik yang tidak beraturan. Hal ini membuat pelanggan kecewa, ngomel dan mengeluh.

Seperti pada Sabtu (24/9/2022) tengah malam atau sekira pukul 23:40 Wita, listrik tiba-tiba padam mendadak membuat suasana malam Minggu dini hari menjadi gelap gulita. Atas pemdaman ini membuat masyarakat setempat tak nyaman, begitu juga dengan warga yang tengah nongkrong di sejumlah Warkop di Ibukota Kolonodale dan sekitarnya.

Parahnya lagi, pemadaman ini sering terjadi dengan waktu yang lama. “Tadi malam listrik mati (padam) mendadak sikitar jam 23.40 wita, namun sampai siang hari ini, Minggu (25/9/2022) sekira pukul 12:45 Wita, listrik PLN pun masih padam. Sehingga merugikan banyak orang terutama pelaku usaha dan para ibu rumah tangga yang memiliki kulkas untuk mengawetkan buah, sayuran dan lauk-pauk serta melumpuhkan saluran telekomunikasi,” keluh warga Beteleme dan sekitarnya, Minggu (25/9/2022) siang.

Akibat sering terjadinya pemadaman listrik secara mendadak, PLN di Morowali Utara dituding tidak professional. Pasalnya, pemadaman secara mendadak ini tidak pernah ada pemberitahuan dari pihak PLN. Dan PLN PLN di Morowali Utara diduga tidak transparan terkait pemadaman yang sering terjadi.

“Ini listrik padam sudah mau 10 jam dari tadi malam, tetapi belum menyala. Nah, kita masyarakat disini, sebagai besar beraktivitas bergantung dari listrik PLN . Kalau aliran listrik gangguan atau padam sangat menghambat sebagai besar aktivitas sehari-hari. Yang lebih parah, pemadaman yang sering terjadi tidak ada pemberitahuan dari PLN, entah apa pemicunya, " keluh warga .

Bahkan penggiat medsos maupun warga nitizen yang ingin berkomunikasi dengan keluarga dan kerabatnya ikut terganggu, karena jaringan pun ikut loyo akibat pemadaman listrik. ***

Editor: Rudy A Mairi

Tags

Terkini

X