• Senin, 5 Desember 2022

Kenang 4 Tahun Peristiwa Gempa, Tsunami, Likuifaksi di Kota Palu, Pantai Talise Tetap Memikat

- Rabu, 28 September 2022 | 13:00 WIB
Pemandangan sunset yang indah di sore hari, di Pantai Talise Kota Palu.
Pemandangan sunset yang indah di sore hari, di Pantai Talise Kota Palu.

METRO SULTENG- Tak terasa, kini genap 4 tahun peristiwa yang membawa duka mendalam bagi masyarakat Indonesia terutama Kota Palu, Sigi, dan Donggala.

Tepat 28 September 2018 menjadi peristiwa bersejarah yang tak terlupakan di Tanah Kaili, Sulawesi Tengah, peristiwa gempa berkekuatan M 7,4 disertai dengan tsunami, banyak sekali memakan korban jiwa.

Bukan hanya gempa dan tsunami saja. Fenomena alam tanah bergerak atau likuifaksi saat itu juga menjadi catatan sejarah Indonesia.

Hampir tak mungkin untuk melupakan semua peristiwa itu. Kisah-kisah perih dan heroik untuk menyelamatkan diri dari bencana, biarkan menjadi cerita ber-episode.

Kini, berselang 4 tahun lamanya, masyarakat sudah beraktivitas kembali terutama di sisi Talise">Pantai Talise. Sebuah Pantai yang terletak di Jalan Rajamoili dan Jalan Cut Mutia, Kecamatan Palu Timur itu, dulu menjadi tempat kunjungan favorit masyarakat Kota Palu.

Walau tidak seindah dulu lagi, disebabkan bencana tsunami, kini Talise">Pantai Talise sudah ramai dikunjungi. Dari kejauhan akan tampak pedagang kacang rebus ditepi jalan, kendaraan roda dua dan empat yang dulu tak jarang terlihat, kini ramai berlalu lalang.

Dengan pemandangan sunset yang indah di sore hari, Talise">Pantai Talise masih menjadi tempat favorit untuk menikmati tenggelamnya matahari, di antara Gunung Gawalise yang letaknya tidak jauh dari pantai ini.

Jelang malam hari, di tepi pantai juga akan terlihat nan indah lampu berhias aneka warna dengan kelengkapan kursi santai Bean Bag berwarna warni.

Selain itu, para pedagang juga akan menyajikan berbagai makanan seperti pisang goreng, pisang epek, kopi susu, saraba, dan sebagainya.

Baca Juga: Tsunami dan Likuefaksi Palu, Bencana Langka di Dunia, Laut dan Perut Bumi Mengamuk, Alfatihah untuk Korban

Halaman:

Editor: Rudy A Mairi

Tags

Terkini

Ketua Persit Kodim 1403 Palopo Peduli Sesama

Jumat, 2 Desember 2022 | 18:25 WIB

Petaka Akhir November Kelabu di Pasar Masomba

Kamis, 1 Desember 2022 | 05:13 WIB
X