• Minggu, 27 November 2022

Gunung Bromo Jadi Obyek Wisata Ikonik Dengan Suku Tenggernya Yang Tak Dijumpai di Dunia

- Minggu, 28 Agustus 2022 | 10:39 WIB
Iring-iringan masyarakat Suku Tengger dalam perayaan Upacara Kasada. Foto: pergipergi.id
Iring-iringan masyarakat Suku Tengger dalam perayaan Upacara Kasada. Foto: pergipergi.id

METRO SULTENG-Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengatakan Gunung Bromo menjadi objek wisata yang ikonik dengan masyarakat Suku Tenggernya dan tidak bisa dijumpai di daerah lain.

"Bromo adalah salah satu dari ribuan destinasi wisata Indonesia yang ikonik karena bukan cuma keindahan alamnya, tapi juga budaya masyarakat Suku Tengger yang masih tetap memegang tradisi dan nilai-nilai budaya yang luhur, warisan dari nenek moyang zaman Majapahit," katanya dalam rilis yang dikutip Metro Sulteng dari Antara di Kabupaten Probolinggo, Jatim, Sabtu (28/8).

Menurutnya, keindahan Indonesia sudah diakui oleh dunia, bahkan di Majalah Forbes 2022 menyebutkan bahwa Indonesia ditempatkan di peringkat pertama dalam daftar 50 negara terindah di dunia.

Baca Juga: Giliran Pengacara Brigadir J Dilaporkan ke Polisi Tersangkut Kasus Ini

Daftar tersebut disusun berdasarkan jumlah keajaiban alam di setiap lokasi, terumbu karang dan hutan hingga gunung berapi, gletser, dan lainnya. Dari kajian negara terindah di dunia tersebut, Indonesia mendapatkan skor sebanyak 7,77 dari skala 10.

Saat membuka Jambore Nasional Fotografer Indonesia (JNFI) 2022 di Pasir Berbisik, Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Jumat petang (26/8), Khofifah juga mengajak para fotografer Indonesia turut mempromosikan keindahan Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Baca Juga: Xiaomi Banting Harga hingga Rp1,1 Juta, Redmi 9A dan Redmi 9C Miliki Ketahanan Baterai Unggul

"TNBTS memiliki daya tarik wisata yang otentik bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara. Mulai dari view point, kawah Gunung Bromo, Lautan Pasir, dan padang savana," tuturnya.

Khofifah mengatakan pihaknya percaya ungkapan "One Picture is Worth a Thousand Words" yakni sebuah foto atau gambar bisa bermakna, bisa berbicara, lebih banyak ketimbang kata-kata.

Baca Juga: Jokowi Bersama Kapolri dan Habib Luthfi Lepas Kirab Merah Putih di Istana

Halaman:

Editor: Subandi Arya

Tags

Terkini

Aksi Alumni Akpol 1996 Bantu Korban Gempa Cianjur

Jumat, 25 November 2022 | 23:10 WIB
X