• Minggu, 27 November 2022

Banjir Bandang Susulan Kembali Landa Torue, Tanggul Yang Dibangun Tak Mampu Atasi Luapan Air

- Selasa, 23 Agustus 2022 | 11:22 WIB
Rumah warga terendam banjir bandang Torue
Rumah warga terendam banjir bandang Torue

METRO SULTENG- Banjir kembali melanda Desa Torue, Kecamatan Torue, Kabupaten Parigi Moutong Sulteng. Video kondisi banjir yang beredar dimedia sosial bersumber dari akun Rahma Aini, air datang begitu cepat usai hujan di hulu, banjir dimulai sekitar pukul 21:00 Wita, Senin (22/8), membuat warga panik dan waspada.

Baca Juga: Wakil Bupati Tojo Una-Una Apresiasi Kerja Eksekutif-Legislatif Cepat Bahas Anggaran Perubahan 2022

Dalam video yang beredar terlihat arus air disiang harinya memasuki perkampungan berwarna kecoklatan, bercampur kotoran yang hanyut terbawa arus banjir.

Baca Juga: Walikota Palu Akan Bacakan Pengaduan Warganya Setiap Jumat

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Parigi Moutong Idran mengatakan, kondisi banjir di Desa Torue kini sudah reda. Saat ini warga setempat dibantu dengan tim dari BPBD dan TNI/Polri membersihkan material lumpur di permukiman warga.

Menurutnya, meskipun air sudah surut, masyarakat tetap diimbau untuk selalu waspada terhadap kemungkinan banjir susulan setiap hujan deras.

Baca Juga: Hari Pertama Bertugas, Plt Rektor Unila Langsung Gelar Rapat Bahas Proyek Pengadaan Barang dan Jasa di Kampus

"Banjir sudah surut dari tadi malam. Arus lalulintas sudah mulai lancar. Untuk rumah warga yang sempat terendam air kini mulai dibersihkan," katanya kepada media, Selasa (23/8).

Baca Juga: Lika-Liku Kisah Cinta Kaesang Yang Berakhir Dipelukan Erina Gudono

Dia mengatakan banjir ini telah menerjang Desa Torue untuk ketiga kalinya dalam kurun waktu dekat ini. Menurutnya, hal ini disebabkan oleh tanggul darurat yang dibangun oleh pihak Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi III bersama dengan pemda setempat belum maksimal daya tahannya.(rd/bn)

Halaman:

Editor: Subandi Arya

Tags

Terkini

Aksi Alumni Akpol 1996 Bantu Korban Gempa Cianjur

Jumat, 25 November 2022 | 23:10 WIB
X