• Senin, 8 Agustus 2022

Masya Allah, 2 Pemuda Indonesia Pergi Haji Naik Sepeda dari Gorontalo, Disambut Haru Warga Arab

- Minggu, 3 Juli 2022 | 20:05 WIB
Andi dam Chairul tiba di Dubai foto tangkapan layar facebook.
Andi dam Chairul tiba di Dubai foto tangkapan layar facebook.

METROSULTENG- "Masya Allah" kalimat itu berkali-kali terucap dari bibir orang-orang Arab yang menyambut kedatangan Andi Harvin dan temannya Chairul Ma'atini di tanah suci Arab Saudi dengan menaiki sepeda. Dalam video viral yang diposting akun media sosial warga Arab, mereka menyambut dua pria asal Gorontalo dipinggir jalan di kota Abu Dhabi, United Arab Emirates keduanya disuguhi kurma dan dijemput mobil.

Sepeda keduanya lalu dinaikan diatas kabin mobil yang ditumpangi warga Arab sambil mengajak keduanya naik dalam mobil dan mengajaknya istirahat di rumah warga Arab tersebut. Didalam video viral yang diposting akun facebook Muslim Youth Journey yang telah ditonton ribuan nitizen itu membikin nitizen sangat terharu.

Baca Juga: Ratusan Anak di Morowali Ikuti Sunatan Massal IMIP Bareng HMLT

Dalam postinganya, Muslim Youth menulis, NICE TO MEET YOU, Mohamed Bin Baled Almarar. semoga Allah senantiasa menjagamu ???? AAMIIN...

Perjalanan ini memang membuat kami bertemu dengan banyak orang, sharing berbagai hal, bahkan berbagi pengalaman dan ilmu. semoga semua Ukhuwah ini tak hanya sampai disini yah...

Sampai bertemu lagi Mohammed ????
doakan beliau ya Sahabat MYJer...

Diwaktu yang lain, keduanya mengabarkan kondisi melalui live diakun Muslim Youth saat berada di arab dengan memakai bahasa Gorontalo.

Baca Juga: EKONESIA Minta Wilayah Pertambangan Rakyat Sulteng Harus Berkeadilan dan Beri Manfaat

Ribuan nitizen terutama dari Gorontalo mendoakan kedua ustad tersebut bisa menunaikan ibadah haji Dzulhijjah 1443 Hijriyah/Juli 2022 Masehi.

Mengunjungi tanah suci menjadi impian pemuda asal Gorontalo ini, bahkan memutuskan menuju baitullah menggunakan sepeda star dari Gorontalo pada Ahad 6 Juni 2021.

Baca Juga: Momentum Hari Bhayangkara ke-76, Polres Banggai Gelar Doa Bersama Lintas Agama

Keinginan ke baitullah tersebut ternyata sudah ada sejak diri Andi masih duduk di bangku sekolah.

"Menurut saya di pribadi setiap muslim memiliki kerinduan yang sama untuk bisa pergi ke tanah suci kota Mekkah dan Madinah. Nah, keinginan ini kalau saya pribadi dari waktu masih sekolah di bangku sekolah punya keinginan dan bahkan pada saat waktu saya pernah mencoba untuk menabung membuat tabungan berupa celengan yang besar dan gemboknya juga besar bahkan kuncinya saya buang biar nggak kebuka-kebuka," kata Andi.

Baca Juga: Mayat Yang Ditemukan di KM 5 Dimakamkan, Dua Bhabinkamtibmas Polsek Luwuk Turut Hadir Melayat

Kemudian, pada tahun 2019, keinginan tersebut muncul kembali. Dia yang berada di komunitas pecinta alam memiliki keinginan berpetualang mendaki gunung di setiap provinsi di Indonesia, namun tujuannya berubah menjadi ke tanah suci.

Awalnya, Andi berencana pergi ke tanah suci dengan low budget backpacker. Namun, akhirnya dia memutuskan untuk menggunakan sepeda karena terinspirasi dari temannya yang berhasil melakukan perjalanan gowes ke tanah suci.

"Setelah pada saat itu di akhir 2019 pada saat berencana backpacker ke Mekkah tiba tiba ada teman di Malang yang baru tiba dari Mekkah juga menggunakan sepeda bahkan bersama istrinya," kata Andi.

Baca Juga: 46 Calon Haji Indonesia Ditolak Arab Saudi, Ini Penjelasan Dirjend Haji dan Umrah Kementerian Agama RI

Perjalanan Andi dan Chairil telah dilakukan sejak Juni 2021 setelah mereka lulus di awal tahun. Berangkat dari Gorontalo melalui darat, kini mereka tengah berada di Bandar Lampung.

"Jadi, memang tujuan kami ini ke Mekkah ini memang semata mata untuk beribadah kepada Allah dan tentunya kami berharap dengan sedikit kebaikan perjalanan kami ini bisa menjadi spirit tersendiri untuk masyarakat khususnya masyarakat Indonesia bisa menambah ketaatan lagi kepada Allah, bisa meningkatkan lagi ibadah ya semangat untuk beribadah karena khususnya kepada para pemuda," tutupnya.***




Editor: Subandi Arya

Tags

Terkini

X