Jembatan Terancam Ambruk, Warga Desa Banagang Tolitoli Minta Pemerintah Perbaiki Bantaran Sungai Puluong

- Selasa, 21 Maret 2023 | 09:20 WIB
Selain jembatan tersncam ambruk, lahan warga Banagang sedikit demi sedikit amruk di terjang arus kuala Puluong (Foto: Ist)
Selain jembatan tersncam ambruk, lahan warga Banagang sedikit demi sedikit amruk di terjang arus kuala Puluong (Foto: Ist)

METRO SULTENG- Derasnya arus air sungai yang melintas di bawah jembatan Puluong Desa Banagang, Kecamatan Dampal Utara, Kabupaten Tolitoi menyebabkan sebagian sisi kiri dan kanan lahan perkebunan milik warga ikut tergerus. Bahkan sejumlah pohon kelapa milik warga desa tersebut hanyut terbawah banjir.

Olehnya itu warga minta kepada Pemerintah untuk tidak tinggal diam mencari solusi agar dibangunkan tembok di sepanjang bantaran kuala tersebut.
 
Kibe ( 53) warga desa setempat belum lama ini menyebut jika hal itu terus menerus dibiarkan tanpa ada penanganan khusus dan serius dari instansi teknis, dikhawatirkan tak hanya lahan perkebunan warga yang di gerus oleh air, melainkan jembatan Puluong Desa juga terancam ambruk.

Baca Juga: Kapolri Menerima Gelar Kehormatan Adat dari Suku Dayak Bersama Ketua Senat Sespimti Dikreg 32

"Sudah cukup lahan warga yang jadi korban lantaran banjir, kini bagian pondasi dibawah jembatan trans Sulawesi sedikit demi sedikit mulai digerus arus banjir, jadi tolong ada perhatian dari pemerintah agar kerusakan tidak bertambah parah," pinta Kibe.
 
Hal yang sama di utarakan oleh Jais aparat desa yang kini menjabat Sekdes di Desa Banagang bahwa hujan deras adalah salah satu pemicu terjadinya banjir bandang di desanya, sehingga hal tersebut membuat warga cemas air jika kuala meluap.

"Sudah pasti akan berdampak ke pemukiman warga dan hal ini di anggap ancaman yang nyata, olehnya itu pemerintah harus bertindak cepat dalam mengatasi persoalan yang ada di desanya," jelas Sekdes Banagang.

Baca Juga: 7 Miliar Dana CSR Tidak Dibayar, Warga Morowali Demo PT Ang Fang Brother

Jais membenarkan beberapa tahun lalu memang pernah ada pemasangan kawat beronjong di bantaran kuala, namun hal itu tak bertahan lama dan di anggap tak menjamin dapat membentengi pinggir kuala jika kerap datang banjir bandang dimusim hujan.

Selaku Perwakilan Desa Banagang Jais berharap agar pemerintah melakukan penembokan di Kedua sisi di bantaran kuala tersebut.
 
Sementara itu diketahui jembatan  yang  membentang di atas kuala Puluong Desa Banagang tepatnya di ruas jalan trans Sulawesi adalah masih dalam kewenangan PJN Sulawesi Tengah.(Aco Amir)

 

Editor: Subandi Arya

Tags

Terkini

299 Jemaah Haji Sulteng Telah Berada di Madinah

Kamis, 8 Juni 2023 | 16:35 WIB
X