• Jumat, 30 September 2022

Hampir Sepekan Putus, Kini Jembatan Gumbasa Normal Lagi

- Senin, 12 September 2022 | 17:07 WIB
Jembatan Gumbasa di Kabupaten Sigi, Sulteng, kembali bisa dilalui setelah oprit jembatan ini putus dihantam banjir pekan lalu. (foto: maks)
Jembatan Gumbasa di Kabupaten Sigi, Sulteng, kembali bisa dilalui setelah oprit jembatan ini putus dihantam banjir pekan lalu. (foto: maks)


METRO SULTENG - Jembatan Gumbasa di Desa Pakuli Utara, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, kembali fungsional seperti semula sejak Senin sore (12/9/2022). Pengendara roda dua maupun roda empat, kini sudah bisa melintas seperti sedia kala.

Baca Juga: Tidak Punya Mushola, Siswa SMKN 1 Bungku Timur Sholat Diruangan RPS Agribisnis Ternak Unggas

Oprit jembatan Gumbasa putus pada Selasa subuh (6/9/2022) karena dihantam luapan air sungai. Sejak hari itu akses transportasi arah Palu-Kulawi jadi terganggu.

Kembali berfungsinya jembatan ini, membuat pengendara dari arah Palu ke Kulawi atau sebaliknya, kini tersenyum lebar. Sebab, hampir sepekan akses transportasi mereka terganggu, karena putusnya oprit jembatan yang dibangun tahun 1960-an ini.

Baca Juga: Aksi Kenaikan BBM, Mahasiswa Untad: Jangan Bebankan Masyarakat

Pekerjaan oprit jembatan yang putus, dilakukan pihak Kementerian PUPR melalui Balai Jalan dan Jembatan. Pekerjaan dilakukan kurang lebih lima hari.

"Alhamdulillah, jembatan Gumbasa sudah bisa dilalui lagi seperti semula. Puji Tuhan,"kata beberapa pengendara yang melintas Senin sore (12/9/2022).

Baca Juga: Gempa Terkini Guncang Sumatera Barat Kekuatan Mag 5,1, Warga Dihimbau Tidak Panik

Sejak oprit jembatan Gumbasa dihantam banjir Selasa lalu, masyarakat Sigi khususnya yang bermukim di bagian selatan Sigi, benar-benar merasakan dampak putusnya jembatan. Mereka harus berputar ke arah Desa Bangga jika ingin ke Palu.

Sejak dinyatakan putus, yang bisa melintas hanya kendaraan roda dua. Itu pun harus dibantu warga sekitar, dengan melintasi jembatan darurat buatan warga.

Baca Juga: DPRD Sulteng Tandatangani Petisi Mahasiswa Tolak Kenaikan BBM

"Kami sempat mengeluh. Karena dipungut biaya,"ujar warga.

Sekarang, jembatan kembali fungsional. Karena oprit jembatan yang rusak sudah ditimbun dan dipadatkan oleh pihak PU. ***

Editor: Icam Djuhri

Tags

Terkini

IKVI Serahkan Bantuan untuk Korban Kebakaran di Sorowako

Senin, 26 September 2022 | 15:52 WIB

Rumah Warga Jalan Kancil Kota Palu Dilahap Si Jago Merah

Minggu, 25 September 2022 | 01:44 WIB
X