• Selasa, 7 Februari 2023

Wabup Tojo Una Una Akui Peran Kesbangpol di Daerah Sangat Strategis

- Senin, 21 November 2022 | 14:58 WIB
Wabup Tojo Una Una (kedua dari kanan) bersama Ketua DPRD Touna Mahmud Lahay (kanan) dan Kaban Kesbangpol Sulteng Fahrudin Yambas saat pembukaan kegiatan Rakor, pekan lalu di Ampana. (foto: ist)
Wabup Tojo Una Una (kedua dari kanan) bersama Ketua DPRD Touna Mahmud Lahay (kanan) dan Kaban Kesbangpol Sulteng Fahrudin Yambas saat pembukaan kegiatan Rakor, pekan lalu di Ampana. (foto: ist)

METRO SULTENG - Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah melaksanakan rapat koordinasi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Tojo Una Una (Touna), yang digelar di Hotel Ananda Senin (17-19/11/2022).

Dalam sambutan Gubernur Sulteng yang diwakili Wakil Bupati Touna Ilham Lawidu mengatakan, rapat koordinasi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik tahun 2022 sebagai salah satu OPD lingkup pemerintah provinsi dan kabupaten/kota yang bertugas membantu kepala daerah, dalam menyelenggarakan tugas urusan pemerintahan umum di daerah sesuai amanat Undang-Undang No 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah, sebagaimana yang dimaksud dalam pasal 25.

Baca Juga: Gempa Terkini Guncang Morowali, Magnitudo 3.9 Tidak Berpotensi Tsunami, Warga Dihimbau Tenang

Untuk mengembalikan kondisi dan keadaan sebelum bencana, dalam hal ini bencana tahun 2018 ditambah merebaknya covid-19, tentunya membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Sehingga harus dilakukan banyak penyesuaian dan rasionalisasi anggaran di banyak sektor.

"Disisi lain kita patut berbangga dengan mental masyarakat Sulawesi Tengah yang kuat dalam menghadapi berbagai cobaan yang menimpah daerah kita. Sehingga hal ini menjadikan proses pemulihan baik secara fisik, psikologi maupun aspek lainnya bisa dilakukan secara cepat,"kata Wabup membacakan sambutan Gubernur.

Baca Juga: Polres Tojo Una Una Silaturahmi dengan Jurnalis Terkait Program Jumat Curhat

Hal ini menunjukkan bahwa peran Badan Kesbangpol di daerah sangat strategis terkait pelaksanaan tugas yang berimplikasi terhadap situasi kondusif suatu daerah. Agar kebijakan pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan di Sulteng dapat berjalan dengan baik, melalui upaya proses pencegahan dan pumulihan situasi wilayah yang dilakukan secara cepat, terintregasi, terkoordinasi dan terpadu. Ini dilakukan bersama instansi vertikal dan lembaga/organisasi masyarakat, sehingga Sulteng bisa lebih sejahtera dan lebih maju dapat terwujud.    

"Apalagi saat ini, kita ketahui bersama bahwa pelaksanaan tahapan pemilu serentak tahun 2024, sudah dimulai dari tanggal 14 Juni 2022 sampai dengan 14 Februari 2024. Dan pemilihan kepala daerah tanggal 24 November 2024, dengan harapan menjelang pemilu serentak dan pilkada tahun 2024 mendatang, Kesbang Sulteng dan kabupaten/kota mendukung kelancaran penyelenggaran pemilu dan pilkada,"harap Wabup Ilham dalam sambutannya.

Baca Juga: Buka Muscab HIPMI, Wabup Touna Ajak Pengusaha Muda Bersinergi Bangun Daerah

Saat Pilkada, semua pihak dapat menjaga kondusifitas daerahnya masing-masing, memperkuat kerjasama antara lembaga dan instansi, antara forum, dan organisasi masyarakat yang ada, serta memperkuat pengguna teknologi informasi dalam setiap tahapan pemilu maupun dan pilkada.

Kata Wabup Ilham, diharapkan adanya kesepakatan secara teknis program dan kegiatan masing-masing provinsi dan kabupaten/kota, dalam mendukung sukses pelaksanaan pemilu dan pilkada serentak tahun 2024

Baca Juga: Wabup Touna Ajak Masyarakat Teladani Nilai Perjuangan Para Pahlawan

Pada kegiatan tersebut, turut hadir Ketua DPRD Kabupaten Touna Mahmud Lahay, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Sulawesi Tengah Dr Fahrudin Yambas, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Touna Herlina Leonita Sandewa, Unsur Forkopimda Touna, para Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten/Kota se-Sulawesi Tengah dan jajarannya, para Kepala OPD lingkup Touna, serta para peserta rapat koordinasi dan panitia pelaksana. ***

Editor: Icam Djuhri

Tags

Terkini

Intip Asal Usul Desa Tompira di Morowali Utara

Rabu, 1 Februari 2023 | 19:31 WIB
X