• Minggu, 5 Februari 2023

Cara Turunkan Tekanan Darah Tanpa Obat, Cukup Lakukan 3 Cara Ini

- Jumat, 9 Desember 2022 | 06:40 WIB
 Atasi tekanan darah (Foto: Ilustrasi)
Atasi tekanan darah (Foto: Ilustrasi)

METRO SULTENG-Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat mempengaruhi hampir separuh orang dewasa di Amerika Serikat, dan berkontribusi terhadap beban penyakit jantung.

Menurut Ahli epidemiologi Paul Muntner kepada American Heart Association (AHA), dengan penuaan populasi dan peningkatan harapan hidup, prevalensi tekanan darah tinggi diperkirakan akan terus meningkat.

Bahkan jika tidak diobati, kondisi ini dapat menyebabkan gangguan ginjal, demensia vaskular, strok, dan masalah kesehatan lainnya, menurut National Institute on Aging (NIA).

Masalahnya, hipertensi jarang memiliki gejala. Meskipun, dalam beberapa kasus, dapat menyebabkan nyeri dada, kesulitan bernapas, penglihatan kabur, mimisan, atau sakit kepala, menurut British Heart Foundation.

Seperti dilansir dari laman Health Digest, Jumat (8/12/2022), perubahan gaya hidup kecil dapat membuat perbedaan besar. Berikut tiga caranya menurunkan tekanan darah tinggi tanpa obat.

1. Berolahraga Secara Teratur

Ternyata, aktivitas fisik dapat menyebabkan penurunan tekanan darah yang "sederhana tapi konsisten", menurut ulasan tahun 2018 yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine.

Setelah menyelidiki hampir 400 penelitian, para peneliti menyimpulkan bahwa olahraga teratur sama efektifnya dengan kebanyakan obat yang direkomendasikan untuk tekanan darah tinggi.

Terlebih, itu dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 27 persen, memfasilitasi penurunan berat badan, dan meningkatkan lipid darah.

Bukan berarti perlu ke gym atau jogging setiap hari. Jalan cepat, kelas dansa, bersepeda, dan aktivitas lainnya juga dihitung sebagai olahraga. American Council on Exercise merekomendasikan untuk membagi latihan menjadi tiga sesi 10 menit per hari.

Halaman:

Editor: Subandi Arya

Tags

Terkini

X