Manfaat Buah Kersen yang Jarang Diketahui, Ternyata Bisa Redakan Gejala Asam Urat, Cek Manfaat Lainnya Disini

- Rabu, 7 Desember 2022 | 21:02 WIB
Buah kersen
Buah kersen

METRO SULTENG- Pohon kersen banyak tumbuh liar disekitar kita, baik dipekarangan rumah, kebun, taman bahkan jalan-jalan yang sering kita lalui.

Kerap kali tanaman yang satu ini hanya dijadikan sebagai peneduh dari teriknya matahari di pekarangan rumah, atau ditempat dimana dia tumbuh.

Kersen masih satu family dengan tanaman Elaecarpaceae ialah sejenis buah berukuran kecil, rasanya manis, memiliki warna hijau saat muda dan berwarna merah cerah saat matang.

Baca Juga: Tips Perawatan Kulit Wajah Makin Cantik, Inilah 8 Panduan Perawatan Kulit

Namun, siapa yang sangka tanaman dengan nama latin Muntingia calabura memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Terlepas dari rasa asam dan manis, ternyata buah kersen mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, seperti mineral, vitamin C, antioksidan, memiliki sedikit kalori, banyak mengandung serat. Selain itu buah kersen juga mengandung kalium, magnesium dan kalsium.

Lantas apa manfaat buah kersen bagi kesehatan tubuh, seperti dikutip dari halodoc.com, Rabu 7 Desember 2022, Metrosulteng telah merangkum manfaat buah kersen bagi kesehatan tubuh, cek artikel dibawah ini:

1. Buah kersen memiliki efek antiinflamasi yang artinya mengandung senyawa anthocyanin dan cyanidin yang memiliki efek antiinflamasi, anti oksidan ini bermanfaat dalam kondisi peradangan, namun masih perlu pembuktian lebih lanjut untuk memastikan manfaatnya bagi manusia.

Baca Juga: 7 Golongan Obat: Kegunaan, Simbol, dan Contoh Obatnya

2. Menurunkan tekanan darah tinggi,menurut penelitian British Journal of Nutrition menemukan bahwa kombinasi jus kersen dan beri dapat membantu mengurangi tekanan darah. Hal tersebut karena kandungan polifenol yang banyak.

Halaman:

Editor: Subandi Arya

Tags

Terkini

X