• Jumat, 9 Desember 2022

Inspektorat Donggala Dinilai Tidak Profesional Melakukan Riksus Kepada Kades Terkait Kasus TTG

- Sabtu, 19 November 2022 | 06:32 WIB
Kepala Desa Marana Lutfin, S.Sos
Kepala Desa Marana Lutfin, S.Sos

METRO SULTENG-Inspektorat Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, tidak profesional dalam melakukan Pemeriksaan Khusus (Riksus) terhadap para Kepala Desa yang menganggarkan pengadaan Tehknologi Tepat Guna (TTG).

Hal itu disampaikan Kades Marana Lutfin terkait proses pemeriksaan tersebut. Menurutnya, Inspektorat Donggala tidak akan independen dan profesioal melakukan pemeriksaan kepada para Kades karena salah satu yang diduga aktor pengadaan alat TTGadalah DB Lubis mantan Plt Inspektorat.

Baca Juga: Makassar Dilanda Banjir, Jalan ke Bandara dan 3 Kecamatan Terendam Banjir, Warga Minta Dievakuasi

"Bagaimana mungkin Inspektorat melakukan Riksus kepada para Kades terkait pengadaan TTG, sementara pengadaan alat ini melalui pintu Inspektorat," jelas Lutfin.

Menurutny, pihak Inspektorat hanya melakukan Riksus untuk menyelamatkan diri dari temuan Badan Pemeruksaan Keuangan (BPK) RI. Apalagi dalam hasil audit BPK tahun 2022 sangat jelas keterlibatannya.

Selain itu, kata Lutfin, rekomendasi BPK RI, sangat jelas untuk memberikan sanksi terhadap DB Lubis sebagai Plt Inspektorat dan beberapa pejabat di Dinas PMD Donggala.

Baca Juga: Polres Poso Gagalkan Peredaran Narkoba 1 Kg, Pelaku Kurir Dari Poso Ditangkap Saat Bawa Narkoba ke Morowali

"Rekomendasi dari BPK RI itu sudah jelas siapa siapa yang terlibat, jadi jangan selalu para Kades yang dikambing hitamkan dalam kasus TTG ini," kata Lutfin.

Lutfin mencontohkan, ketidak profesional Inspektorat dalam melakukan Riksus di desa marana pada tahap II dimana pada saat dirinya dilantik priode kedua pada 29 Juli 2020. 

Selang 20 hari langsung dilakukan Riksus oleh Inspektorat mulai dari tahun 2013 sampai 2019. Padahal pemeriksaan itu sudah dilakukan setiap tahun berjalan pada saat menjabat sebagai kepala desa priode pertama.

Halaman:

Editor: Subandi Arya

Tags

Terkini

X