Freeport Terapkan Tambang Bawah Tanah 5G Yang Diresmikan Jokowi Hari Ini

- Kamis, 1 September 2022 | 14:30 WIB
Jokowi  mengunjungi Museum Bunaken untuk mendapatkan penjelasan tentang sejarah pertambangan PTFI. (Foto: PT Freeport Indonesia)
Jokowi mengunjungi Museum Bunaken untuk mendapatkan penjelasan tentang sejarah pertambangan PTFI. (Foto: PT Freeport Indonesia)

METRO SULTENG-Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan teknologi 5G Mining di PT Freeport Indonesia (PTFI), di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua, Kamis 1 September 2022. Teknologi 5G Mining ini merupakan kerja sama antara PTFI dan Telkomsel, dan merupakan yang pertama di Asia Tenggara.

"Hari ini kita buktikan bahwa kita telah bergerak lebih maju dengan menerapkan 5G Smart Mining pertama di Asia Tenggara, oleh PT Freeport Indonesia yang didukung PT Telkomsel," kata Jokowi dalam sambutannya, Kamis 1 September 2022.

Baca Juga: Kapan BSU 2022 Cair? Ini Penjelasan Menaker Ida Fauziah

Baca Juga: Mobil DT Pengangkut Material Terguling Dipendakian Lahuafu, Sopir Dilarikan ke RSU

Preside juga menekankan pentingnya intervensi teknologi untuk memajukan sektor pertambangan di Indonesia, yang umumnya berada di daerah terpencil dan sulit terjangkau serta tantangan geografis dan konektivitas yang tidak mudah.

Murut Jokowi, penerapan teknologi 5G Mining mendukung otomatisasi dan kendali jarak jauh sekaligus meningkatkan keselamatan kerja dan produktivitas PT Freeport Indonesia.

"Melalui teknologi 5G underground smart mining ini betul-betul aktivitas pertambangan di bawah tanah bisa dimonitor menggunakan kamera yang terhubung dengan kecerdasan buatan dan mencegah serta meminimalkan risiko kecelakaan kerja," ujarnya.

Baca Juga: PT Vale di Morowali Bantu Bangun RKB Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Al-Khairaat Kolono

Baca Juga: Penyaluran BSU 2022 Untuk 16 Juta Pekerja Sudah Dimatangkan Menaker

Sebelumnya, Jokowi telah meninjau secara langsung penggunaan teknologi tersebut di tambang Grasberg milik PTFI. Jokowi mengaku senang karena teknologi mutakhir ini diawaki oleh sumber daya manusia (SDM) dalam negeri khususnya Papua.

Halaman:

Editor: Subandi Arya

Tags

Terkini

Sepatu Air Jordan 11 CMFT Dalam Warna Knicks-Friendly

Sabtu, 28 Januari 2023 | 07:52 WIB
X